You are currently viewing +5 Platform Blog Populer. Pilih Sesuai Kebutuhanmu

+5 Platform Blog Populer. Pilih Sesuai Kebutuhanmu

Platform blog populer adalah suatu media yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk membuat suatu postingan berupa teks gambar dan video. Platform blog sendiri diciptakan untuk kebutuhan manusia di era digital seperti sekarang ini.

Terdapat banyak platform yang menyediakan blog untuk pribadi atau bisnis yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Contohnya antara lain blogger, wordpress, tmblr, medium, overblog, dan masih banyak lagi.

Walaupun platform blog akhir-akhir ini tersaingi dengan munculnya media sosial lain yang berbasis visual, blog/ngeblog masih menjadi favorit bagi content creator maupun brand.

Beberapa Platform Blog Populer

Berikur adalah beberapa platform blog yang menjadi media bagi content creator, content writer, maupun freelancer yang menyukai dunia tulis-menulis

Blogger

Blogger adalah salah satu platform dari banyaknya platform blog yang bisa di gunakan secara gratis oleh semua orang di seluruh dunia, dan Blogger adalah blog yang paling populer di gunakan sampai sekarang ini.

Bukan tanpa alasan banyak orang yang menyukai menggunakan platform Blogger karena memang Blogger selain gratis juga mudah untuk di gunakan semua orang dibanding platform lainnya. Platform ini dapat disesuaikan menjadi domain yang berbayar sehingga link-nya lebih profesional daripada yang gratisan.

WordPress

Platform berikutnya adalah WordPress. WordPress sendiri mirip-mirip dengan Blogger yang mudah untuk digunakan serta dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.

Namun sedikit berbeda dengan Blogger, WordPress memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Blogger. Perbedaan lainnya adalah WordPress sering digunakan untuk pembuatan suatu website dengan menggunakan domain dan hosting.

WordPress sendiri menyediakan dua jenis layanan utama yakni WordPress.org dan WordPress.com.

Medium

artikel di Medium yang merupakan penggalan dari artikel dari blog TLD

Medium merupakan platform blog gratis atau premium yang juga banyak digunakan secara luas. Medium memiliki desain elegan yang membuatnya nyaman untuk digunakan baik bagi penulis maupun pembaca.

Selain tampilan, kelebihan platform yang satu ini adalah pengkategorian artikel yang sangat baik. Ini sangat membantu pembaca untuk memilih bacaan mereka sendiri. Bahan Medium memiliki sistem AI yang mampu memberikan rekomendasi artikel sesuai dengan minat penggunanya.

Kalian yang memiliki blog atau website TLD bisa di-link-kan ke Medium, sehingga beberapa paragraf artikel tertentu bisa otomatis tampil di sini.
Ini merupakan salah satu cara untuk menaikkan pageview juga.

Tumblr

Tumblr merupakan platform blogging gratis yang memiliki sistem kerja mirip dengan Twitter/X. Saat pengguna mengunggah konten, pengikut dari pengguna tersebut dapat memberikan love sebagai tanda suka, melakukan reblog atau mengunggah ulang atau menyebarkan ke platform yang lain seperti Facebook dan Twitter/X. Dalam sekejap, seseorang pengikut blog Tumblr akan mendapatkan langganan konten pada Dashboard mereka.

Beberapa waktu lalu, platform blogging gratis ini sempat menuai kontroversi setelah pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan untuk memblokir Tumblr. Pemblokiran ini disinyalir karena Tumblr dianggap beberapa konten yang disebarkan telah melanggar undang-undang.

Sama halnya dengan Medium, artikel dari blog TLD bisa di-link-kan ke sini. Sehingga artikel kalian juga bisa diakses dari Tumblr.

Wattpad

Wattpad adalah sebuah platform blogging yang dibuat bagi para penulis cerita fiksi. Wattpad sebenarnya memiliki karakteristik yang sama dengan media sosial, namun platform ini dikhususkan untuk cerita-cerita fiksi.

Dalam Wattpad, pemilik akun bisa saling melemparkan komentar, membuat jaringan, hingga mengembangkan keterampilan dan kemampuan menulisnya masing-masing. Bahkan, ada kompetisi menulis khusus di Wattpad.

Ditambah lagi, Wattpad juga memberikan kesempatan kepada para penulis pemula agar karyanya bisa bertemu penerbit buku, rumah produksi film, bahkan telah banyak karya fiksi dari Wattpad yang sudah cerita di tv series atau web series.

Weebly

Weebly adalah platform blogging yang cukup dikenal dan disukai karena kemudahan penggunaannya. Dengan weebly kamu bisa meng-custom blog kamu dengan editor drag and drop yang sederhana.

Weebly memiliki banyak sekali tema yang unik dan modern untuk kamu gunakan untuk blog yang kamu daftarkan di Weebly.

Semakin berkembangnya blog kita semua tahu sekarang ini blog begitu dibutuhkan, berbicara mengenai platform blog dalam penggunaan nya beragam.

Semakin berkembangnya blog kita semua tahu sekarang ini blog begitu dibutuhkan. Berbicara mengenai platform blog dalam penggunaannya beragam.

Penggunaan Blog Sehari-hari

1 – Blog Pribadi

Sesuai dengan namanya yaitu blog pribadi atau personal blog. Blog yang dibuat untuk keperluan personal atau pribadi, biasanya konten di dalamnya berisi tentang cerita pribadinya secara online, user bebas menentukan tampilan blog pribadinya menjadi seperti apa sesuai dengan keinginan.

Banyak orang terkenal yang awal mulanya menulis blog secara pribadi. Contohnya saja Raditya Dika.

2 – Blog Bisnis

Di tahun 2020 ini semua sudah semakin canggih, semua sudah serba online. Beli sesuatu saja kini sudah banyak yang menggunakan media online, dengan begitu penggunaan blog sendiri sangat berguna bagi para pengusaha.

Mereka mampu menawarkan atau mempromosikan suatu produk yang dimiliki ke platform blog. Khususnya bagi perusahaan-perusahaan pasti membutuhkan platform blog ini sebagai media promosi.

Misalkan saja kalian memiliki suatu produk yang dijual dan butuh media promosi bagi produk jualan, maka bisa menggunakan media atau platform blog bisnis. Hal ini akan membuat produk kalian dikenal oleh banyak orang dan semakin berkembang.

3 – Blog Profesional

Selanjutnya adalah blog dengan jenis profesional. Penggunaan blog yang satu ini khususnya untuk ranah profesional yang berisikan artikel-artikel yang bisa dipertanggung jawabkan.

Kontennya dibuat dengan konten tertentu yang sudah ditentukan dan telah dianalisa supaya isi artikel mudah untuk diakses oleh para pembaca.

Penutup

Nah, teman-teman, inilah penjelasan pendek tentang blog populer yang masih digunakan banyak orang sampai sekarang. Platform blog itu sendiri memiliki jenis yang dibagi menurut kebutuhan penggunaanya. Platform blog bisa digunakan sebagai platform pribadi, bisnis, dan propesional.

Nah. teman-teman lebih suka memakai platform blog yang mana?

Selamat ngeblog!

admin

katacara.com adalah cerita kita tentang strategi. gaya, kebiasaan, usaha, tips, dan lain-lain, yang mudah dimengerti dan dilakukan.

Tinggalkan Balasan