You are currently viewing Inilah Langkah Perawatan Sepeda Motor Sebelum Liburan

Inilah Langkah Perawatan Sepeda Motor Sebelum Liburan

Buat teman-teman yang sering melakukan perjalanan jauh memakai motor, gimana nih perawatan sepeda motor agar aman sampai tujuan. Apalagi liburan Natal dan Tahun Baru banyak yang merencanakan liburan untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

Nah, selain persiapan fisik, biaya, dan tempat-tempat tujuan wisata, tentunya harus cek kondisi sepeda motor masing-masing.

Untuk itu kalian bisa ke Planet Ban sebagai salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia. Di sana sepeda motor kalian bisa dicek setiap komponen-komponen penting agar tetap terjaga kondisinya.

Langkah Perawatan Sepeda Motor Sebelum Liburan

Ada baiknya bila kalian akan melakukan perjalanan jauh, cek terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini ke bengkel terdekat.

Periksa Kondisi Ban Motor

Ban sepeda motor merupakan komponen penting yang harus dicek detail kondisinya agar aman dan nyaman saat melakukan perjalanan jauh.

Ban yang perlu diganti akan terlihat secara kasat mata kalau ada keretakan pada karet ban, kemudian ada sobekan, alur yang mulai aus, dan tekstur ban bergelombang.

Silakan bawa sepeda motor kalian ke Planet Ban terdekat untuk dilakukan penggantian ban. Tersedia berbagai merek dan ukuran ban motor yang tepat untuk sepeda motor kalian.

Bagi kalian yang ban motornya baru diganti, tetap harus dicek tekanan udara sesuai dengan ketentuan. Ban yang terlalu keras kurang nyaman untuk dikendarai.

konsultasi-planet-ban

klik di sini untuk konsultasi melalui WA

Periksa Kondisi Rem

Komponen lain pada sepeda motor yang juga penting adalah rem. Jika kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak, maka perlu dilakukan penggantian kampas rem.

Tanda-tanda keausan rem bisa diperiksa secara manual menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Kampas tromol (brake shoes) harus segera diganti bila dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada.

Sedangkan pada rem cakram, cek saja ketebalan kampas maupun piringan rem.

Hal ini penting dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan dalam perjalanan.

Cek Kondisi Oli Mesin

Oli mesin yang sudah hitam atau kotor perlu diganti dengan oli baru sebelum melakukan perjalanan jauh. Tips penting yang perlu dilakukan juga adalah mengecek kandungan yang terdapat di dalam oli mesin.

Kandungan penting pada oli mesin adalah ester yang dapat menjaga suhu mesin sepeda motor tetap stabil. Oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Nah, di Planet Ban tersedia oli mesin X-Ten, yang memiliki kandungan ester untuk menjaga kondisi mesin tetap terjaga walaupun keadaan torsi tinggi. Selain itu bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

Cek Kondisi Aki Motor

Aki motor merupakan komponen penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Itu sebabnya sebelum melakukan perjalanan jauh perlu dicek terlebih dahulu kondisi aki motor perlu diganti atau tidak.

Aki yang berkualitas mempunyai masa pemakaian antara 3-5 tahun. Itu sebabnya pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, karat, atau rusak. Di musim hujan, mungkin saja aki dalam kondisi basah.

Selain itu cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan apakah kering sehingga perlu ditambah air aki.

Cek Sistem Pendingin

Komponen sistem pendingin sering tidak terpantau, karena tidak terlihat secara langsung. Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat panas tidak mampu diredam dengan baik, yang bisa menyebabkan terjadinya mesin overheat.

Sebelum melakukan perjalanan liburan, pastikan telah memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup supaya mampu menjaga temperatur mesin.

Cek Kondisi Busi

Busi merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk proses pengapian pada motor. Busi terdapat pada sepeda motor dan juga mobil.

Komponen ini sering kotor atau aus. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan pada busi, terutama saat akan melakukan perjalan panjang saat liburan.

Kondisi busi yang tidak optiman akan membuat sistem perapian tidak bekerja secara sempurna sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.

Cek CVT dan Rantai

Pernah lihat ga, ada motor yang rantainya lepas lalu pemiliknya menuntun deh motornya mencari bengkel terdekat.

Itu sebabnya sebelum liburan, lakukan pengecekan pada komponen CVT untuk motor matic dan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport.

Sistem penggerak ini memiliki fungsi dalam melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda supaya bisa berputar.

Nah, jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor terganggu maka akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Penutup

Agar perjalanan kalian ketika liburan tetap aman tanpa hambatan, ada baiknya lakukan mengecekan kondisi sepeda motor ke Planet Ban.

Silakan lakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor serta konsultasikan ke mekanik di bengkel tersebut. Cek keadaan aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, dan tentu saja ban serta shockbreakernya.

Pengecekan dan pemeriksaan kondisi sepeda motor, bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama mekanik Planet Ban. Silakan berkunjung ke toko Planet Ban dan konsultasi kondisi sepeda motormu tanpa dikenakan biaya. Lakukan layanan Servis Rasa Mesin Baru untuk motormu sebelum liburan.

Selain itu, kalian bisa melakukan konsultasi online secara gratis bisa melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.

konsultasi perawatan sepeda motor

Semoga bermanfaat.

admin

katacara.com adalah cerita kita tentang strategi. gaya, kebiasaan, usaha, tips, dan lain-lain, yang mudah dimengerti dan dilakukan.

This Post Has 16 Comments

  1. Amir

    Kemaren sehabis perjalanan jauh langsung ganti oli. Dan ternyata udah item banget. Sekarang mau ganti gear belakang. Kayaknya satu set karena udah lancip mata gearnya.

  2. Alfida Husna

    Aku kalau service motor selalu di planet Ban. Tapi, baru tahu nih kalau bisa konsultasi gratis di WhatsApp. Enak banget yaaa jadi bisa tanya-tanya dulu sebelum service.

  3. auto kecolek nih, kemarin saya liburan sama anak-anak lupa cek kondisi ban danbisa ditebak lah ya, ditengah jalan kudu tambal ban dan ganti ban dalam. Hiks! wajib banget emang ce kondisi motor sebelum liburan di planet ban nih.

  4. Hendra Suhendra

    Saya juga udah beberapa kali service motor 🛵 di Planet Ban. Tapi baru tau kalo bisa konsultasi juga via WA. Nice info 👍

  5. Dyah Kusuma

    Baca artikel ini jadi teringat kalau sudah waktunya service apalagi mumpung liburan ya, jadi nanti saat sudha masuk kerja bisa langsung aktif lagi
    btw baru tahu lo kalau di planet ban menerima konsultasi

  6. Iim Rohimah

    Saya selalu melakukan servis motor di Planet Ban, tapi baru mengetahui bahwa mereka menyediakan konsultasi gratis melalui WhatsApp. Nyaman bgt, karena sekarang bisa bertanya seputar layanan sebelum melakukan servis.

    Kemudahan ini juga memberikan kesempatan untuk memahami lebih detail mengenai perawatan motor tanpa harus langsung datang ke bengkel. Inovasi seperti ini sangat membantu dalam memberikan informasi dan memastikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

    Jadi, sekarang saya bisa lebih siap dan mendapatkan pelayanan yang tepat ketika membawa motor ke bengkel.

  7. Bayu Fitri

    Motor nih emang hrs rutin perawatannya ya kak , Aku nih taunya pakai aja jadi panik sendiri kalau motor mogok

  8. Nanik Nara

    Kalau mau motoran jarak jauh, emang mesti dipastikan sepeda motor dalam kondisi baik ya, semua komponen bisa berfungsi sebagaimana mestinya. ngecek sendiri, nggak punya ilmunya. Jadi emang lebih baik serahkan saja pada ahlinya, tinggal bawa ke planet ban saja

  9. Muhammad Rifqi Saifudin

    Penting banget memang buat ngecek dulu kondisi motor, apalagi kalau dipakai buat perjalanan jauh. Karena ya gak ada yang tau musibah apa dan kita bisa meminimalisir hal itu dengan cek kondisi sebelum berangkat

  10. NISA

    kondisi rem ketika perjalanan jauh sangat perlu ya kak, apalagi ketika jalan yang menanjak dan turunan, bisa bisa kalo rem blong jatuhnya membahayakan hiks. Tapi sekarang udah enak nih, konsultasi via whatshapp dengan planet ban jadi lebih simple. Jangan sampai deh pas waktu liburan, motor tbtb gak bisa diajak kompromii

  11. Ovi Roro

    Kalau diperhatikan sedeteil ini, pasti tidak ada dalam perjalanannya ya. Liburan pun bisa menyenangkan

  12. I n n a

    bener banget harus cek secara berkala ya apalagi kalau mau dibuat untuk libiran biar lancatlr dan aman dalam perjalanan

  13. Jihan

    Aku juga kalo ganti oli dan perawatan ban motor ke Planet Ban, selain karena tempatnya tuh deket banget dari rumah juga tahan lama lho untuk oli maticnya, bener2 kayak klaimnya, 6 bulan!

  14. Saya pun untuk penggantian ban suka ke Planet Ban, sih mbak. Pelayanannya cepat, petugasnya ramah dan pilahan bannya juga beragam, bisa disesuaikan dengan budget.

  15. Siska Dwyta

    Emang recommended banget melakukan perawatan motor dengan servis rutin di Planet Ban ya Mbak karena mereka punya layanan servis “Rasa Mesin Baru” dengan harga yang cukup terjangkau juga.

  16. Jihan

    Aku juga kalo ganti oli matic tuh ke Planet Ban sih sejak tahu kalo olinya emang bisa lebih awet, kalo biasanya 3 bulan harus ganti, ini 5 bulan masih enak dipakenyaa

Tinggalkan Balasan