You are currently viewing +5 Aplikasi Edit Video di HP Gratis Mudah Praktis

+5 Aplikasi Edit Video di HP Gratis Mudah Praktis

Bloger sekarang ini makin dimudahkan untuk memperkaya konten artikel yaitu dengan menambahkan gambar maupun video. Aplikasi edit video bisa diunduh di HP gratis dan pengoperasiannya mudah dilengkapi fitur praktis.

Influencer pun menggunakan aplikasi edit video ini, dengan demikian update foto dan videopun lebih cepat dan hasilnya tak kalah dengan hasil edit dari komputer.

Jenis Aplikasi Edit Video

Berikut adalah jenis-jenis aplikasi yang cukup populer di antara konten kreator. Aplikasi ini gratis untuk kondisi tertentu dan bisa ditingkatkan sebagai aplikasi pro (berbayar/berlangganan).

InShot

Aplikasi InShot merupakan aplikasi yang cukup terkenal bagi pemula yang baru belajar mengedit video. Aplikasi ini selain bisa diunduh di ponsel juga bisa diunduh di PC ataupun Mac.

Melalui aplikasi ini bisa melakukan editing berupa pemotongan, penyatuan, dan pemangkasan cuplikan video tanpa merusak kualitas rekaman aslinya, Bahkan bisa meningkatkan tampilan vdeo setelah editing.
Berbagai rasio video yang bisa digunakan dalam aplikasi ini, termasuk rasio Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya.

Quik

Aplikasi video editing Quick merupakan produksi camera sport GoPro, sehingga Quick kompatibel dengan kamera jenis ini. Daya tarik aplikasi ini fiturnya mudah dan sederhana. Kita bisa eidt video dengan proses lebih cepat dan pastinya tidak ruwet.

Beberapa fitur edit yang tersedia akan dilakukan oleh aplikasi secara otomatis, sehingga pas banget disebut sebagai aplikasi edit video Youtuber pemula. Hal ini karena Quik menyediakan banyak sekali fitur template yang sudah jadi. Sehingga kamu tidak perlu repot untuk melakukan edit secara detail dari awal. Tentu saja kamu juga bisa melakukan editing dari awal sesuai keinginan.

Fitur tersebut antara lain, efek transisi, efek video, fitur musik, dan lain sebagainya. Kualitasnya pun bisa mencapai 1080p.
Aplikasi ini mempunyai bobot 99Mb dan bisa diunduh melalui playstore.

FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo menyediakan fitur-fitur dasar meliputi pemotongan, pemangkasan, penambahan tema, musik, teks, animasi, dan lain-lain. Format videonya bisa diatur rasionya apakah 1:1, berarti sesuai untuk Instagram atau 16:9 untuk Youtube.

Setelah selesai mengedit, hasil video tersebut secara otomatis tanpa adanya watermark. Selain itu, kamu juga bisa bisa langsung mengunggahnya ke setiap media sosial atau hanya disimpan ke galeri.
Kelebihan aplikasi berbobot 89 Mb ini bisa menghasilkan video tanpa watermark, sehingga membuat kesan lebih profesioanal bila diunggah ke Youtube atau media sosial lainnya.

Seperti contohnya adalah fitur cutting, tema, trim, penambahan musik, efek, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa menggunakan efek canggih seperti slow-motion transisi penambahan teks, hingga reverse. Memang jika dibanding dengan versi Premiumnya, beberapa efek keren pun tidak bisa kamu pakai.

VivaVideo

Rekomendasi aplikasi edit video selanjutnya yang banyak digunakan di Android adalah VivaVideo. Selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dengan fitur unggulan yang ditawarkan. Adapun beberapa fitur aplikasi edit video ini seperti mengedit video dengan memotong maupun menambahkan efek untuk lebih menarik.

Ditambah dengan teks untuk membuat video tutorial sehingga mudah dipahami. Beberapa fitur unggulan aplikasi edit video ini seperti membuat video menggunakan lagu, dukungan transisi menggunakan efek menarik, memotong, menambahkan, atau menggabungkan beberapa video, membuat efek blur maupun bokeh, fitur teks dan title untuk dikustomisasi, hingga edit video berformat HD 720p, 1080p, sampai 4K.

KineMaster

Aplikasi edit video di HP selanjutnya ada KineMaster sebagai aplikasi edit video yang digunakan banyak orang dalam mengedit video. KineMaster sendiri digunakan karena dilengkapi banyak fitur dan mudah digunakan dengan ukuran hanya 95MB saja. Selain bisa diakses gratis, aplikasi edit video ini juga bisa diakses secara berbayar dengan menawarkan hasil edit tanpa watermark maupun iklan. Untuk fitur di dalamnya, terdapat multiple layers video, gambar, hingga text.

Ditambah dengan proses cutting dan trimming, lalu bisa ditambahkan multitrack audio dan LUT Filter. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan efek transisi 3D yang membuat hasil edit video menjadi tampak profesional. Untuk format dari hasil edit meliputi MP4, MOV, 3GP.

Adapun beberapa fitur unggulan aplikasi edit video ini meliputi edit video tanpa watermark, multiple layer video, image, sticker, special effect, dan teks, blending mode dalam menghasilkan efek menarik, voiceover, music background, dan efek sound, tool editing, dan masih banyak lagi.

CapCut

capcut aplikasi edit video
capcut aplikasi edit video

Sekarang ada aplikasi yang populer di antara konten creator, yaitu CapCut. Aplikasi ini ada versi Capcut Light, CapCut Web, dan CapCut untuk android atau iPhone. Ada pilihan gratisan dan langganan (Pro).

Aplikasi ini sangat ramah pengguna dan cocok untuk pemula yang baru belajar mengedit video. Tampilan aplikasi ini rapi dan sederhana sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh semua orang.

CapCut memiliki banyak fitur pengeditan video yang dapat memudahkan pengguna berkreasi membuat konten. Beberapa fitur pengeditan video CapCut termasuk pemotongan, pemangkasan, pembalikan, penstabilan, kendali kecepatan, penambahan audio dan teks, dan masih banyak lagi.

Banyak efek dan filter pada CapCut walaupun gratis bisa menghasilkan hasil editan yang keren, kreatif, dan unik. Selain itu kalian bisa bergabung dengan tim creator yang bisa menghasilkan template-template dan bisa didownload atau dibeli.

Selain itu, CapCut juga menawarkan fitur unggulan seperti transisi animasi masuk dan keluar, penambahan subtitle dan lirik secara otomatis, penyesuaian coutout dan chroma key, serta berbagai efek berbasis kecerdasan buatan (AI).

Aplikasi ini sendiri terintegrasi dengan aplikasi TikTok. Jadi, kamu bisa langsung unggah video ke TikTok setelah selesai edit di aplikasi CapCut.

Penutup

Meningkatnya popularitas platform video seperti Youtube, TikTok, hingga Instagram, membuat banyak orang mulai membuat konten video untuk mereka bagikan ke sejumlah platform tersebut. Melalui aplikasi edit video di HP, proses perekaman yang diambil akan lebih bagus jika diedit agar menghasilkan konten yang lebih baik dan menarik untuk ditonton.

Hal ini yang menjadikan aplikasi edit video memiliki peran penting dalam menghasilkan video atau konten untuk bisa dinikmati. Apalagi jika aplikasi edit video bisa digunakan melalui perangkat Android sehingga semakin mudah digunakan.

Semoga bermanfaat.

admin

katacara.com adalah cerita kita tentang strategi. gaya, kebiasaan, usaha, tips, dan lain-lain, yang mudah dimengerti dan dilakukan.

Tinggalkan Balasan